ARTIKEL

NUTRISI PENTING UNTUK PENINGKATAN DAYA TAHAN TUBUH DI MASA PANDEMI COVID 19

Publish By Unjiati, SKM, M.Kes
Posted On 04 MAY 2021

         Nutrisi yang baik dan dikonsumsi secara tepat dan teratur sangat berpengaruh terhadap daya tahan tubuh seseorang. Apalagi disaat mewabahnya virus covid-19 seperti saat ini, kita dituntut untuk selalu menjaga kesehatan serta mempunyai daya tahan tubuh yang kuat agar tidak mudah terkena virus dan penyakit lainnya.



         Agar daya tahan tubuh kuat, maka konsumsi makanan kita sehari-hari harus mengandung zat-zat gizi yang diperlukan tubuh baik zat gizi makro (karbohidrat, protein, dan lemak) maupun mikro (vitamin dan mineral). Kita sering mendengar istilah gizi seimbang. Tahukah Anda, apakah gizi seimbang?Gizi seimbang adalah susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman atau variasi makanan,  aktivitas fisik, pekerjaan, usia, jenis kelamin dan berat badan (BB). Konsumsi zat gizi yang cukup sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang akan melindungi dari penyakit yang disebabkan oleh virus dan mencegah penyakit lainnya.



            Disaat pandemi covid 19 seperti saat ini maka dianjurkan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat-zat gizi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh diantaranya adalah:




  1. Protein.



Fungsi utama protein adalah memelihara dan mengganti sel-sel yang rusak, serta mengatur fungsi fisiologis organ tubuh. Protein juga berperan membentuk antibodi dalam sel darah putih, sehingga dapat meningkatkan respon kekebalan tubuh dan membunuh lebih banyak virus/bakteri yang masuk tubuh. Sumber protein hewani memiliki nilai biologis lebih tinggi dibandingkan sumber protein nabati, karena dari segi kualitas dan kuantitas komposisi asam aminonya lebih baik.  Berbagai sumber protein adalah daging sapi, ayam, ikan, susu dan hasil olahannya, tempe, tahu, kacang-kacangan, dan lain-lain.



     2. Vitamin




  • Vitamin A, berfungsi mengatur sistem kekebalan tubuh dan sebagai pelindung terhadap berbagai infeksi dengan cara menjaga permukaan kulit dan jaringan di mulut, lambung, usus dan saluran pernapasan. Sumber vitamin A diantaranya adalah brokoli, bayam, wortel, ubi jalar, telur, hati sapi, hati ayam.

  • Vitamin C, bermanfaat membantu melindungi tubuh dari infeksi dengan cara merangsang pembentukan antibodi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sumber vitamin C antara lain adalah jeruk, pepaya, jambu biji, brokoli dan bunga kol.

  • Vitamin E, bermanfaat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, selain sebagai antioksidan untuk  menetralkan radikal bebas. Sumber vitamin E antara lain biji bunga matahari, kacang tanah, almond, alpukat, mangga, dan kiwi.                                                                            3.Mineral

  • Zinc, bermanfaat membantu sistem kekebalan tubuh agar berfungsi dengan baik serta mempercepat  penyembuhan luka. Sumber zinc diantaranya adalah telur, hati sapi, tiram, daging ayam, susu, udang, tahu,   tempe, kacang hijau, kacang merah, dan jamur.

  • Zat besi, berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan produksi hemoglobin yang akan membawa oksigen ke sel, jaringan, maupun organ yang rusak, sehingga proses penyembuhan bisa segera dimulai.Makanan sumber zat besi diantaranya adalah daging sapi, hati sapi, telur, kacang-kacangan, tomat, bayam, tahu, dan lain-lain.                                                             


  ARTIKEL TERBARU

Selama pandemi, banyak dari kita kehilangan keluarga, teman, dosen maupun orang-orang yang kita s ... Selengkapnya
Dalam perjalanan pandemi selama hampir 2 tahun, Covid-19 telah mengalami beberapa perkembangan va ... Selengkapnya
Hipertensi atau tekanan dar ... Selengkapnya
Penyakit bisa dengan mudah menginfeksi melalui udara. Tanpa sadar, bersin d ... Selengkapnya