ARTIKEL

TERAPI OKUPASI SEBAGAI BENTUK INTERVENSI REHABILITASI MEDIK DIMASA PANDEMI COVID-19

Publish By Fajar Suryani, STr.Kes
Posted On 10 AUGUST 2021

Dunia terhenyak tahun 2020 dengan munculnya virus corona, segala sektor terimbas. Awal muncul di Wuhan Cina akhirnya menyebar ke seluruh dunia sampai sekarang dengan varian yang berbeda. Pandemi penyakit corona virus 2019 (COVID-19) baru-baru ini telah membuat dampak yang menghancurkan mengganggu keseimbangan global pembangunan berkelanjutan dan pekerjaan yang menentukan kehidupan jutaan orang di seluruh dunia (Sansa, 2020). Para peneliti, ilmuwan, pembuat kebijakan, dan politisi di seluruh dunia telah kewalahan dengan jumlah kematian akibat COVID-19. Namun, perhatian yang diberikan pada pekerjaan  yang terkena dampak seperti yang didefinisikan di atas tetap sangat sedikit  (Nicola et al, 2020) .



Pekerjaan secara global telah terkena dampak buruk karena pandemi ini (Coronavirus impact on jobs, 2020).  Anak-anak tidak dapat bermain di taman dengan teman sebayanya atau belajar di sekolah, orang dewasa tidak dapat menyesuaikan jadwal mereka saat bekerja dari rumah, dengan sekolah di rumah dan anak-anak sekitar. Hal ini bisa dilihat secara signifikan dari perjuangan  “pekerjaan”  dapat ditemukan terutama di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah di mana beberapa orang termiskin telah kehilangan satu-satunya sumber pendapatan mereka, sementara negara-negara seperti itu terus kekurangan sumber daya jika dibandingkan dengan negara-negara berpenghasilan tinggi. (Hiremath P, Kowshik CSS, Manjunath M, et al, 2020) .



Munculnya pandemi Covid-19 menyebabkan perubahan yang mengganggu dalam akses masyarakat, ketersediaan sumber daya dan kesehatan serta kesejahteraan individu sangat mempengaruhi bagaimana orang dapat terlibat dalam aktivitas dan pekerjaan sehari-hari mereka. Pandemi memiliki dampak besar pada kehidupan, kesehatan dan kesejahteraan individu, keluarga dan masyarakat di seluruh dunia. Salah satu yang ikut terdampak yaitu  layanan terapi okupasi. Meluasnya pembatasan kesehatan masyarakat dan penerapan pedoman untuk menekan penyebaran virus.



 Terapi okupasi adalah disiplin kesehatan yang menawarkan berbagai layanan kepada orang-orang dari segala usia, kelompok dan masyarakat untuk memungkinkan inklusi penuh mereka dalam pekerjaan di rumah, pendidikan, pekerjaan dan lingkungan rekreasi. Terapis okupasi memungkinkan orang untuk menjadi aktif dan produktif di komunitas mereka dengan menggunakan intervensi pendekatan individu dan populasi yang diinformasikan bukti, termasuk pelatihan keterampilan, pendidikan, kerja kelompok, dan strategi manajemen diri. Intervensi mengurangi hambatan yang berdampak pada kesehatan mental, fisik, dan kognitif orang, pekerjaan mereka, dan lingkungan tempat mereka bekerja (WFOT, 2020a).



Penelitian yang muncul dari pandemi COVID-19 menunjukkan kebutuhan yang tinggi akan intervensi rehabilitasi medik salah satunya layanan terapi okupasi bagi orang-orang yang terkena dampak COVID-19. Yang mendapat pelayanan antara lain mereka yang pulih dari penyakit COVID-19, terutama orang dengan usia lanjut, beberapa penyakit kronis atau kegagalan organ (Brugliera et al., 2020), orang yang memerlukan perawatan intensif dari gejala  menghadapi risiko tinggi komplikasi fisik, kognitif dan emosional jangka panjang (British Psychological Association, 2020; Simpson & Robinson, 2020).



Rehabilitasi bermanfaat pada tahap akut awal manajemen COVID-19 (Li, 2020; Yu et al., 2020), serta dalam fase pemulihan jangka panjang untuk meningkatkan fungsi pernapasan, daya tahan olahraga, kinerja aktivitas hidup sehari-hari dan pengelolaan gejala sisa psikologis dan kognitif penyakit (Smith et al., 2020). Rehabilitasi juga telah diidentifikasi sebagai hal penting bagi individu yang terkena dampak jarak fisik yang berasal dari pandemi COVID-19, termasuk orang yang mengalami kondisi kesehatan mental sebagai akibat dari isolasi sosial, individu menjadi dekondisi karena imobilisasi berkepanjangan dan kerusakan musculoskeletal  dan orang yang berisiko mengalami regresi fungsional karena pembatasan pandemi dalam layanan rehabilitasi (Ceravolo et al., 2020). Mengingat perlunya rehabilitasi dari populasi berbasis luas seperti itu, para peneliti menyerukan tindakan untuk mempersiapkan lonjakan permintaan layanan yang diharapkan (Stam et al., 2020).



Coronavirus telah diketahui mempengaruhi orang secara berbeda. Bagi sebagian orang, ini menyerang keras, menyebabkan pemulihan yang lama dan sangat lambat di  rumah sakit dan mungkin memerlukan penggunaan ventilator untuk waktu yang lama. Ketika klien – terutama orang tua – terbaring di tempat tidur selama beberapa minggu, mereka dapat mengalami kehilangan kekuatan, koordinasi, mobilitas, dan kemandirian aktivitas sehari-hari. Dalam kasus ini, terapis okupasi membantu klien mendapatkan kembali kemandirian dan keamanan hidup mereka sehari-hari, menandai beberapa langkah penting terakhir sebelum kembali ke kehidupan normal, di rumah, dan di masyarakat.



Covid 19 berefek pada rutinitas harian terganggu, gaya hidup terganggu, pekerjaan kantor  terganggu, rencana keuangan  terganggu,  dan rencana masa depan kita terganggu. Semua hal itu akan menyebabkan stress, kecemasan, perselisihan keluarga, gangguan tidur, kurangnya aktivitas fisik, rutinitas rumah tangga yang terbebani, Excessive Screen time, sakit dan lesu.



Mengapa layanan Terapi Okupasi untuk penanganan COVID-19?



Terapis Okupasi secara khusus menangani Remedial, Perawatan Restorative dan rehabilitasi penyandang disabilitas Fisik, Kognitif, Psikososial dan Gangguan Perkembangan. Sebagai sebuah profesi, kami menyadari konsekuensi dan perubahan yang terjadi tentang bagaimana orang mengakses dan melakukan pekerjaan mereka sebagai akibat dari pandemi COVID19 (WFOT).



Terapis okupasi memahami kebutuhan vital untuk mengakses dan menggunakan langkah-langkah pengendalian infeksi yang dikombinasikan dengan kebutuhan untuk mempertahankan fisik yang baik, psikologis, kesehatan mental dan stamina agar tetap aman dan sehat.



( Occupational Therapy and COVID-19 pandemic-information & resources, www.wfot.org)



Okupasi terapi menyediakan pelayanan, harus dipertimbangkan tergantung pada kebutuhan individu dan keparahan kasus.




  • posisi untuk memaksimalkan fungsi pernapasan

  • mobilitas tempat tidur

  • rehabilitasi paru

  • mobilisasi dini

  • manajemen komunikasi untuk meningkatkan partisipasi social

  • Pelatihan kognisi dan re-orientasi (pencegahan delirium)

  • Stimulasi sensorik

  • Konservasi energy

  • Kesehatan mental (mengurangi gejala kecemasan dan depresi)



Pasien dengan kondisi COVID, 40% yang  mengalami komplikasi neurologis termasuk kebingungan, delirium, risiko stroke yang lebih tinggi, komplikasi terkait otak lainnya sebuah studi baru dari Wuhan, Cina yang diterbitkan dalam JAMA Neurology.



Tingkatkan aktivitas fisik dalam Rutinitas Harian




  1. Tetap aktif baik untuk tubuh, pikiran, dan jiwa Anda terutama selama stres seperti itu situasi. Lebih banyak aktivitas fisik juga akan memastikan tidur yang lebih baik dan kesehatan yang baik secara keseluruhan.

  2. Menurut WHO berolahraga di rumah juga akan membantu Anda menjaga kesehatan jantung lebih baik, kekuatan otot, fleksibilitas dan kesehatan mental yang lebih baik. Melakukan aktivitas fisik bersama akan membantu Anda memastikan kesehatan yang baik dari Anda dan keluarga Anda.

  3. WHO merekomendasikan semua orang dewasa yang sehat harus melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari dan anak-anak harus aktif secara fisik setidaknya selama satu jam per hari selama menginap di rumah.

  4. WHO merekomendasikan 150 menit aktivitas fisik intensitas sedang atau 75 menit aktivitas fisik intensitas tinggi per minggu, atau kombinasi keduanya.

  5. Banyak yang bekerja dari rumah selama wabah koronavirus harus secara teratur memeriksa postur duduk mereka saat bekerja dari rumah. Mereka juga harus sering istirahat, berdiri dan melakukan peregangan secara teratur.

  6. Pastikan Pertimbangan ruang kerja yang tepat dengan kepatuhan yang baik terhadap ergonomis prinsip.



Ikuti anjuran pemerintah dengan 10 M, tetap memakai masker, jaga jarak dan hindari kerumunan. Salam sehat semua.


  ARTIKEL TERBARU

K3RS merupakan singkatan dari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Rumah Sakit. Penerapan K3RS merupak ... Selengkapnya
Situasi dan kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia, merupakan sebuah ancaman nyata bagi seluruh ma ... Selengkapnya
             Kesehatan sebagai hak asasi manusia ternayata bel ... Selengkapnya
            Masa anak-anak diisi dengan bermain dan bermain tapi ba ... Selengkapnya