ARTIKEL

2 TIPS MENGATASI MALAS BEROLAHRAGA DENGAN BIJAK

Publish By Irma Dian Permata, S.K.M.,M.Kes
Posted On 14 SEPTEMBER 2021

Olahraga merupakan salah satu upaya untuk menjaga badan tetap bugar dan juga sehat. Banyak sekali dampak positif yang akan didapat dengan rutin berolahraga. Akan tetapi, rasa malas sering kali membuat keinginan untuk berolahraga menjadi sirna. Ada saja alasan untuk tidak berolahraga setiap kali memiliki waktu luang. Semakin lama tidak berolahraga maka rasa malas tersebut akan semakin menjadi-jadi. Oleh karena itu, Anda tidak boleh membiarkan rasa malas ini terus berkembang dan menjadi berlarut-larut. Berikut ini ada dua tips mengatasi malas berolahraga yang bisa Anda lakukan.





  1. Menentukan alasan sebagai motivasi





Alasan menjadi hal penting yang akan menjadi modal untuk tetap mempertahankan motivasi dalam berolahraga. Para wanita biasanya menggunakan berat badan sebagai salah satu alasan paling kuat untuk mulai berolahraga. Oleh karena itu, tentukan terlebih dahulu alasan yang menjadi dasar agar Anda selalu termotivasi untuk berolahraga.



Salah satu seorang ilmuwan asal AS mengatakan jika alasan terbaik baginya untuk terus berolahraga adalah karena manfaat olahraga yang mampu mengurangi stres serta mendukung kehidupan seksual menjadi lebih baik. Alasan ini merupakan salah satu alasan yang cukup baik. Anda dapat menggunakan alasan serupa agar memiliki hidup yang lebih menyenangkan dengan rutin berolahraga.





  1. Berkomitmen dengan alasan/tujuan yang dibuat





Tidak hanya sekedar menentukan alasan dan tujuan, Anda juga harus mencoba untuk selalu berkomitmen dengan hal tersebut. Rasa malas yang timbul karena lingkungan dan keadaan yang tidak mendukung sering kali membuat seseorang meninggalkan komitmennya untuk terus berolahraga. Jika sulit untuk menjaga komitmen itu sendiri, cobalah ajak teman Anda ikut berolahraga. Dengan demikian tidak hanya memiliki rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri, Anda juga merasa memiliki tanggung jawab terhadap orang lain jika tidak berolahraga. Cobalah untuk mengikuti klub olahraga agar Anda selalu berada pada lingkungan yang terus mendukung untuk berolahraga.  



Tidak harus berolahraga pada pagi hari, Anda bisa membuat waktu olahraga menjadi lebih fleksibel agar olahraga terasa menjadi sebuah rutinitas yang menyenangkan.


  ARTIKEL TERBARU

Menjelang berakhirnya Bulan Ramadan dan datangnya Hari Raya Idul Fitri, tentu banyak diantara mas ... Selengkapnya
Pandemi Covid-19 sudah jelas memberikan dampak yang cukup signifikan dalam berbagai aspek kehidup ... Selengkapnya
“Apa itu stunting?” sebuah pertanyaan yang mungkin tidak banyak ... Selengkapnya
Covid-19 masih menjadi perhatian serius baik di dunia maupun di Indonesia. Sudah 15 bulan Indones ... Selengkapnya