Surabaya-Komunikasi merupakan aktifitas manusia yang sangat penting. Bukan hanya dalam kehidupan organisasi, namun dalam kehidupan manusia secara umum. Komunikasi merupakan hal yang esensial dalam kehidupan kita. Kita semua berinteraksi dengan sesama dengan cara melakukan komunikasi. Komunikasi dapat dilakukan dengan cara yang sederhana sampai yang kompleks, dan teknologi kini telah merubah cara manusia berkomunikasi secara drastis. Komunikasi tidak terbatas pada kata-kata yang terucap belaka, melainkan bentuk dari apa saja interaksi, senyuman, anggukan kepala yang membenarkan hati, sikap badan, ungkapan minat, sikap dan perasaan yang sama. Diterimanya pengertian yang sama adalah merupakan kunci dalam komunikasi. Tanpa penerimaan sesuatu dengan pengertian yang sama, maka yang terjadi adalah “dialog antara orang satu.
Pelatihan ini dilakukan secara tatap muka dengan narasumber Alen Prahadinata, SKM, MM, Agung Kurnia Sejati, S.Psi, MM, Masrur, SHI, MH tujuan dalam pelatihan ini Memahami konsep diri, komunikasi efektif, Mamahami komunikasi informasi dan pelayanan yang profesional , Meningkatkan sikap dan tindakan sebagai petugas yang professional, upaya menumbuhkan kualitas kinerja SDM, Memberikan pelayanan yang berkualitas kepada para pelanggan, Menumbuhkan rasa percaya dan kepuasan kepada pelanggan, Menumbuhkan dan mempertahankan loyalitas konsumen/pelanggan, dan Untuk menghindari terjadinya berbagai macam tuntutan atau aduan dari pelanggan Peserta workshop pencerahan ini terdiri dari petugas front liner, tenaga Kesehatan dan tenaga admin yang berhubungan langsung dengan pelanggan maupun pasien di ruangan. Jumlah peserta sebanyak 40 orang.
-Hukmas RSUD Haji Provinsi Jawa Timur-