ARTIKEL

GIGI SAKIT JANGAN LANGSUNG DICABUT

Publish By drg. Nungki Nawangsari, SpKG
Posted On 17 AUGUST 2020

         Konservasi gigi merupakan kasus dengan angkakunjungan tertinggi pada pasien yang datang ke poli gigi dan mulut RSU Haji Surabaya. Memiliki gigi dan mulut yang sehat sama pentingnya dengan mempunyai kesehatan untuk bagian tubuh lainnya seperti jantung, liver, ginjal dan organ-organ lainnya. Gigi dan mulut adalah tempat pertama kali makanan dicerna sehingga memudahkan organ pencernaan lainnya di dalam tubuh untuk mencerna makanan, sehingga makanan menjadi sempurna untuk dicerna dan sari-sari makanan yang ada di dalamnya dapat diserap oleh baik oleh tubuh. Kesehatan mulut dan gigi menjadi sangat penting, sehingga menjaganya dari segala penyakit dan mengobatinya ketika sakit menjadi sama pentingnya. Pada beberapa kasus gigi yang sakit, sulit dilakukan diagnosa dan perawatan yang akurat. Pada saat inilah Anda sebaiknya memilih melakukan perawatan ke endodontist. Dikutip dari dictio, endodontis merupakan mereka yang mampu melakukan perawatan saluran akar secara lebih ahli, membuat perawatan gigi senyaman mungkin dan mampu memprediksi masalah-masalah tak terduga yang mungkin timbul selama perawatan gigi.



          Endodontis dalam bidang spesialisasi gigi banyak berhubungan dengan perawatan bagian dalam gigi yaitu perawatan pulpa/ jaringan lunak di dalam gigi atau lebih dikenal dengan perawatan saluran akar / root canal treatment. Kerusakan semacam ini perlu dilakukan konservasi pada gigi. Konservasi gigi adalah usaha untuk merawat dan mempertahankan gigi semaksimal mungkin supaya kembali normal, baik dari sisi fungsi maupun bentuknya. Seperti perawatan dan pencegahan gigi berlubang, penambalan gigi berlubang, perawatan saraf gigi yang mati, dan lain sebagainya. Bidang konservasi juga menyangkut pemutihan gigi.



           Bicara tentang pemutihan gigi, gigi bisa diputihkan dengan tehnik bleaching, yaitu suatu tehnik yang memutihkan dengan bahan pemutih khusus yang aman untuk gigi. Atau bisa juga dengan veneer, yaitu pelapisan gigi dengan bahan porselen atau komposisi. Konservasi gigi merupakan kasus dengan angka kunjungan tertinggi tertinggi pada pasien yang datang ke poli gigi dan mulut RSU Haji Surabaya.



            Rasa sakit yang ditimbulkan oleh gigi yang berlubang dan infeksi sering membuat orang ingin segera mencabut gigi yang sakit tersebut. Pada umumnya dokter akan menyarankan perawatan saluran akar gigi ketimbang mencabutnya. Perawatan saluran akar gigi atau endodontic dilakukan bila infeksi sudah mencapai bagian pulpa atau struktur terdalam gigi. Proses perawatan ini terdiri dari beberapa tahapan dan dilakukan oleh dokter gigi spesialis konservasi gigi. Tindakan pencabutan gigi memang sebaiknya dihindari jika kondisi akar gigi masih bagus. Bagaimana pun gigi asli akan lebih nyaman dibanding gigi palsu atau gigi yang ompong Selain masalah estetika, perawatan saluran akar gigi juga untuk membuat peradangan pada pulpa sembuh. Selain itu, gigi juga dapat berfungsi dengan baik untuk mengunyah seperti gigi sehat lainnya. Yang harus dilakukan ketika gigi terasa nyeri atau linu adalah ke dokter gigi, jangan asal mengobati. Nyeri atau linu tandanya ada masalah gigi.



Tips perawatan gigi Ada beberapa tips untuk mencegah kerusakan gigi yaitu :



1. Menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan cara selalu menggosok gigi setidaknya dua kali  dalam sehari,      yakni setelah makan dan sebelum tidur



2. Menyikat gigi usai mengkonsumsi makanan/ minuman manis. Gula yang tertinggal di mulut jika        bersentuhan dengan plak dapat menghasilkan asam dan dapat menyerang gigi.



3.  Biasakan mengunyah makanan dua sisi. Proses mengunyah sendiri memiliki sifat self cleansing. Karena  serat makanan akan membantu pembersihan gigi dan kunyahan akan memproduksi air liur pada mulut.



 


  ARTIKEL TERBARU

Situasi dan kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia, merupakan sebuah ancaman nyata bagi seluruh ma ... Selengkapnya
            Stroke salah satu penyakit yang menduduki urutan favori ... Selengkapnya
Untuk menjaga kesehatan pendengaran Anda perlu batasan-batasan dalam menggunakan headset baik saa ... Selengkapnya
Perayaan hari Kanker Sedunia yang diselenggarakan pada 4 Februari 2023 yang lalu, menjadi momen p ... Selengkapnya