ARTIKEL

SEX DAN STROKE

Publish By Fajar Suryani, STr.Kes
Posted On 24 MAY 2021

            Stroke salah satu penyakit yang menduduki urutan favorit di Indonesia. Stroke merupakan penyakit yang harus diwaspadai. Stroke tercatat sebagai penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Tidak hanya mematikan, stroke juga banyak menyebabkan kecacatan. Dulu stroke menyerang orang lanjut usia saja namun semakin tahun stroke pun mulai menyerang usia produktif baik perempuan maupun lelaki.



            Dari 1999 hingga 2009, tingkat kematian akibat stroke relatif turun 36% dan jumlah kematian akibat stroke sebenarnya menurun 23%. Namun setiap tahun sekitar 795.000 orang terus mengalami stroke baru atau berulang (Iskemik atau Hemoragik). Sekitar 610.000 dari ini adalah serangan pertama dan 185.000 adalah serangan berulang. Rata-rata, setiap 40 detik, seseorang di Amerika Serikat mengalami stroke dan meninggal kira-kira setiap empat menit (Go AS, Mozaffarian, Roger, et al, 2013).



            Stroke merupakan kondisi dimana pasokan darah ke otak terganggu atau berkurang akibat penyumbatan (stroke iskemik) atau pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik). Dampaknya otak tidak mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi sehingga sel-sel pada sebagian otak akan mati. Kondisi ini menyebabkan bagian tubuh yang dikendalikan area otak yang rusak tidak dapat berfungsi dengan baik.



            Jumlah kunjungan penderita stroke di Rumah Sakit Haji khususnya Instalasi Rehabilitasi Medik juga meningkat dari tahun ke tahun. Salah satu unggulan pelayanan di Rumah Sakit Haji adalah Pelayanan Stroke secara paripurna yang melibatkan pelayanan berbagai disiplin ilmu kesehatan sehingga tercapai kemandirian bagi penderita stroke. Dampak yang ditimbulkan sangat komplek salah satunya masalah seksualitas yang kadang jarang dibahas oleh penderita maupun paramedis yang melayaninya.



            Sex dan seksualitas setelah stroke biasanya diabaikan para profesional kesehatan. Salah satunya faktor budaya yang dimana pasien cenderung pasif tidak bertanya dan petugas juga sungkan menanyakan masalah sek. Aktivitas seksual sebagai aktivitas kehidupan sehari-hari (ADL). Pasien pasca stroke cenderung mengalami beberapa jenis disfungsi akibat insiden tersebut, misalnya; kurangnya koordinasi, kelumpuhan, persepsi visual, afasia, defisit sensorik antara lain masalah termasuk impotensi (AOTA,2008).  Cerebrovascular Accident (CVA) biasanya dapat menyebabkan disfungsi seksual, yang menyebabkan penurunan aktivitas seksual (Koperlainen, J.T., Nieminen, P., & Myllyla, V. V. 1999). Aktivitas seksual secara sederhana didefinisikan sebagai "keterlibatan dalam aktivitas yang menghasilkan seksual kepuasan "(AOTA, 2002).



            Sex merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Meskipun disfungsi seksual setelah stroke diperkirakan mempengaruhi  lebih dari 50 % penderita stroke, seringkali tidak dikelola dengan baik. Organisasi Kesehatan Dunia (1975), sebagaimana dikutip oleh Couldrick, mendefinisikan seksualitas sebagai "salah satu hak asasi manusia yang fundamental” . Sekarang seksualitas, termasuk fungsi seksual dan kepuasan dengan seksualitas, juga dianggap sebagai bagian penting dari komponen kualitas hidup dan kesejahteraan individu. Pembahasan tentang seksualitas tidak hanya mencakup seksual tertentu praktek tetapi juga sikap, perilaku, pikiran, dan perasaan yang terkait dengan seks dan seksualitas. Ini termasuk persepsi individu tentang diri sebagai makhluk seksual, tubuh citra, harga diri, partisipasi dan peran dalam hubungan (seksual dan lainnya), orientasi seksual, dan keyakinan serta sikap terhadap berbagai perilaku seksual, termasuk masturbasi, senggama, seks oral-genital, pelukan, dan sensualitas. Romano mendefinisikan seksualitas dengan ahli: “Seksualitas adalah lebih dari seni hubungan seksual. Ini melibatkan untuk kebanyakan seluruh urusan yang berhubungan dengan orang lain; kelembutan, keinginan untuk memberi dan menerima, pujian, belaian santai, perhatian timbal balik, toleransi, bentuk komunikasi yang mencakup dan pergi melampaui kata-kata, seksualitas mencakup serangkaian perilaku dari tersenyum sampai orgasme; bukan hanya apa yang terjadi antara dua orang di tempat tidur”.



            Hasil studi McCabe, Cummings dan Deeks (2000) menemukan orang dengan cacat fisik mengalami tingkat pengetahuan seksual yang rendah dan pengalaman, menahan perasaan negatif dalam kaitannya dengan seksualitas dan mengalami tingkat tinggi kebutuhan seksual. .    Beberapa pasien suka mengungkapkan riwayat pribadi dan menjalin hubungan langsung dengan terapis, yang lain takut untuk mengungkapkan perasaan mereka sendiri karena meningkatnya rasa malu di antara mereka sendiri. Area yang sering diabaikan dalam rehabilitasi stroke adalah pasien yang kembali ke aktivitas seksual normal mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas seksual umumnya memburuk setelah stroke, pasien dan pasangan menginginkan informasi yang relevan ketika pasien mulai menghabiskan waktu di rumah atau sebelum pulang. Terdapat variasi dalam hal kebutuhan untuk konsultasi pribadi dan sebagian besar pasien dan pasangan merasa bahwa kembali ke aktivitas seksual harus dianggap sebagai bagian dari rehabilitasi stroke. Lynch dan Grisogono (1991) mengatakan jika pasien melakukan hubungan seksual sebelum stroke, tidak ada alasan untuk tidak melanjutkan ini pasca stroke. Mereka juga menyatakan sensasi pada alat kelaminnya organ biasanya tidak terpengaruh setelah stroke dan seksual hubungan seksual tidak berbahaya bagi tekanan darah pasien. Fakta ini didukung oleh Mulley (1985), Youngson (1987) dan Wade (1988) yang juga menyatakan bahwa hubungan seksual cukup aman pasca stroke. Mulley (1985) menyarankan bahwa kenikmatan seksual dapat berkurang karena gangguan motorik atau sensorik atau karena kerusakan umum dalam perkawinan atau hubungan, yang mungkin terjadi setelah penyakit yang melumpuhkan. Umumnya, baik pasien maupun pasangan menginginkannya untuk mengetahui:




  1. Apakah melanjutkan aktivitas seksual akan menyebabkan hal lain stroke

  2. Apakah melanjutkan aktivitas seksual akan menyebabkan kejang

  3. Apa yang harus dilakukan untuk menghindari berbaring telentang (karena ada info yang mengatakan untuk tidak berbaring telentang malam).



Dokter bekerjasama dengan terapis akan memberikan informasi bagi pasien stroke dan pasangannya, antara lain :




  • Tidak ada alasan bahwa aktivitas seksual tidak boleh dilakukan dilanjutkan setelah stroke.

  • Melanjutkan aktivitas seksual tidak mungkin menyebabkan yang lain stroke.

  • Melanjutkan aktivitas seksual kemungkinan tidak akan menyebabkan kejang.

  • Anda mungkin berbaring telentang selama aktivitas seksual tetapi berbaring sisi Anda sesudahnya.

  • Anda mungkin perlu mencoba posisi yang berbeda untuk aktivitas seksual.

  • Anda mungkin perlu mengubah siapa pasangan yang dominan.

  • Aktivitas seksual mungkin tidak berhasil pada awalnya.



            Sebagai bagian pelayanan unit stroke, bersama dengan pasien dan pasangannya, pertimbangkan untuk melanjutkan aktivitas seksual menjadi program rehabilitasi stroke. Dalam rehabilitasi stroke, baik perawat maupun okupasi terapis tetap berusaha mendiskusikan hal ini secara rutin dengan masing-masing pihak yang dengan sabar, membuat mereka mengetahui semua informasi dan saran yang tersedia bagi mereka. Idealnya, ini juga harus didiskusikan dengan pasien dan pasangan setelah keluar.



            Namun, meskipun demikian, masih belum jelas siapa yang berperan ini harus menjadi bagian dari atau apakah itu harus menjadi bagian dari peran semua staf yang terlibat dalam rehabilitasi pasien stroke. Secara keseluruhan, aktivitas seksual dapat dilihat sebagai aktivitas kehidupan sehari-hari dan, dengan demikian, mungkin harus dimasukkan dalam peran terapis okupasi. Sebagian besar pasien dan pasangan merasa bahwa melanjutkan aktivitas seksual harus dianggap sebagai bagian dari rehabilitasi stroke meskipun masih diperdebatkan peran siapa ini seharusnya.


  ARTIKEL TERBARU

Masyarakat di seluruh dunia telah menjalani kehidupan yang beradaptasi dengan kondisi pandemi Cov ... Selengkapnya
Dalam penurunan berat badan, mengatur pola makan merupakan faktor pali ... Selengkapnya
Salah satu cara efektif dalam menjaga kesehatan adalah  ... Selengkapnya
Kesadaran masyarakat Indonesia dalam mementingkan aktivitas fisik harian&nb ... Selengkapnya