ARTIKEL

5 TIPS MENGHADAPI PANDEMIC FATIGUE

Publish By Irma Dian Permata, S.K.M.,M.Kes
Posted On 28 OCTOBER 2021

Pandemi Covid-19 sudah jelas memberikan dampak yang cukup signifikan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat, khususnya mengenai bagaimana cara bertahan dan beradaptasi dengan kondisi saat ini. Adanya kejenuhan serta kelelahan dalam menghadapi pandemi Covid-19, merupakan hal yang sangat wajar dialami oleh banyak orang, sehingga pernyataan seperti “Kapan pandemi berakhir?” dan kejenuhan dalam menerapkan protokol kesehatan sering terjadi di tengah masyarakat.



Kondisi kelelahan dalam menghadapi krisis akibat pandemi yang berkepanjangan tersebut dinamakan sebagai Pandemic Fatigue atau kelelahan akibat pandemi. Menurut WHO, Pandemic Fatigue merupakan sebuah situasi kehilangan motivasi/ demotivasi untuk mengikuti perilaku yang disarankan dalam melindungi diri sendiri dan orang lain dari ancaman penularan Covid-19. Kondisi tersebut dinyatakan wajar, karena kondisi pandemi Covid-19 yang dihadapi tidak kunjung membaik dalam waktu lama. Masyarakat mengalami jenuh untuk menerapkan gaya hidup baru yang disesuaikan dengan protokol kesehatan, meskipun disadari atau tidak, penerapan protokol kesehatan juga untuk kepentingan pribadi, keluarga, dan orang sekitar.



Dalam menghadapi kondisi Pandemic Fatigue tersebut, ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh masyarakat, seperti :





  1. Melakukan refleksi diri untuk dapat menerima dan menyesuaikan antara harapan dengan realita/kenyataan.




  2.  Mencoba tetap aktif secara fisik sesuai dengan kemampuan, berolahraga teratur.




  3.  Membuat diri tetap aktif belajar sesuatu yang baru.




  4. Mengambil waktu istirahat dari kesibukan sehari-hari untuk mengembalikan energi.




  5. Membuat batasan personal dengan orang lain serta membuat struktur kegiatan dalam aktivitas keseharian.





Dengan menerapkan lima poin penting diatas, adanya Pandemic Fatigue diharapkan tidak sampai memberikan kejenuhan dan tingkat stres yang berlebih. Secara pasti, akhir dari kondisi pandemi ini belum dapat dipastikan sampai kapan. Di lain sisi, kesehatan mental merupakan hal yang sangat penting agar masyarakat dapat tetap sehat secara utuh. Dengan adanya kerjasama yang baik untuk terus menjalankan protokol kesehatan, melakukan vaksinasi, serta mendukung penanganan pandemi lainnya, akan memberikan peluang kemungkinan yang tinggi untuk masyarakat berhasil menyelesaikan pandemi Covid-19 lebih cepat.


  ARTIKEL TERBARU

Perjuangan pemerintah, tenaga medis, serta seluruh masyarakat dunia dalam melawan dan bertahan di ... Selengkapnya
          Kehadiran buah hati atau anak merupakan ... Selengkapnya
Limbah medis termasuk masker jumlahnya terus meningkat selama masa pandemi Covid-19. Selain sampa ... Selengkapnya
  Setelah berpuasa penuh di bulan Ramadhan, umat Islam dianjurkan untuk menjalan ... Selengkapnya