BERITA

PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA DI RSU HAJI SURABAYA

01 June 2018



Tanggal 1 Juni ditetapkan oleh Presiden RI, Joko Widodo, sebagai hari lahir Pancasila dan diperingati setiap tahunnya. Dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 juni, RSU Haji Surabaya menyelenggarakan upacara bendera di halaman depan rumah sakit. Upacara bendera diikuti oleh sejumlah pejabat eselon dua (2), tiga (3), empat (4), dan kepala SMF serta seluruh karyawan RSU Haji Surabaya.

Wakil Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan, dr. Endang Prabawati, M.kes, selaku inspektur upacara membacakan pidato Gubernur Jawa Timur, H. Soekarwo. Dalam amanatnya, beliau menyampaikan bahwa Pancasila sebagai pemersatu perbedaan yang berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi pondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Selain itu, momentum peringatan hari lahir Pancasila hendaknya digunakan pula sebagai pengingat dan pemacu semangat berbangsa dan bernegara. Terutama untuk kalangan pemuda, sebagai generasi penerus bangsa, hendaknya memegang teguh semboyan kita “Bhinneka Tunggal Ika”. Turut berperan aktif dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Dengan tidak mudah dipecah belah oleh isu-isu yang berkembang saat ini, terutama di media sosial.

Rumusan Pancasila pertama kali dikemukakan oleh Presiden RI Pertama Soekarno dalam pidatonya di Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK) pada 1 Juni 1945. Nilai-nilai dalam Pancasila diambil dari keragaman budaya bangsa yang diakui secara bersama-sama.


  POJOK BERITA

Ramadah adalah bulan penuh keberkahan. Keberkahan dapat diraih dengan memperbanyak amal ibad ... Selengkapnya
Bapak Ahmad Jazuli Asisten Administrasi Umum Setda Prov Jatim berkunjung ke RSUD Haji pada tangga ... Selengkapnya
Dalam menyambut bulan Suci Ramadhan 1445 H, jam pelayanan di RSUD haji mengalamipenyesuaian. Dian ... Selengkapnya
Bulan K3 Nasional diperingati selama sebulan. Terhitung mulai tanggal 12 Januari sampai 12 Februa ... Selengkapnya