BERITA

PELATIHAN EARLY WARNING SYSTEM DAN PATIENT SAFETY

26 April 2022



Surabaya- Penerapan early warning system (EWS) membuat staf mampu mengidentifikasi keadaan pasien memburuk sedini-dininya dan bila perlu mencari bantuan staf yang kompeten. Dengan demikian, hasil asuhan akan lebih baik.

Pemberi pelayanan keperawatan khususnya perawat berkontribusi terhadap terjadinya kesalahan yang mengancam keselamatan pasien. Perawat merupakan tenaga kesehatan dengan jumlah terbanyak dirumah sakit, pelayanan terlama (24 jam secara terus menerus) dan tersering berinteraksi pada pasien dengan berbagai prosedur dan berbagai tindakan perawat. Satu perawat mungkin harus bertanggung jawab terhadap enam atau lebih pasien (Cahyono, 2012). Setiap kesalahan dalam prosedur yang dijalani beresiko terjadinya kejadian yang tidak diharapkan. Kesalahan faktor manusia dapat terjadi karena masalah komunikasi, tekanan pekerjaan, kesibukan dan kelelahan.

Kegiatan ini dilakukan secara tatap muka dengan narasumber Hartono Marsudi, S.Kep.Ns, M. Hendri Haryono, SKM. M.Kep, Siti Khoiriyati, S.Kep.Ns, M.Kep, dan Herlinda Vira Safitri, S.Kes dengan tujuan Staf mengetahui alur deteksi perburukan pasien, Staf mampu melakukan BHD sebagai salah satu tindakan EWS, Mampu Mengidentifikasi pasien dengan benar, Mampu melakukan komunikasi yang efektif, Mampu mewaspadai keamanan pemberian obat , Mampu memastikan lokasi pembedahan yang benar, prosedur benar, pembedahan yang benar., Mampu mengurangi risiko infeksi, dan Mampu mengurangi risiko jatuh dan pelatihan ini diikut sebanyak 42 orang peserta

-Humas RSUD Haji Provinsi Jawa Timur-


  POJOK BERITA

Ramadah adalah bulan penuh keberkahan. Keberkahan dapat diraih dengan memperbanyak amal ibad ... Selengkapnya
Bapak Ahmad Jazuli Asisten Administrasi Umum Setda Prov Jatim berkunjung ke RSUD Haji pada tangga ... Selengkapnya
Dalam menyambut bulan Suci Ramadhan 1445 H, jam pelayanan di RSUD haji mengalamipenyesuaian. Dian ... Selengkapnya
Bulan K3 Nasional diperingati selama sebulan. Terhitung mulai tanggal 12 Januari sampai 12 Februa ... Selengkapnya