ARTIKEL

HARI HEPATITIS SEDUNIA, SEGERA TANGANI HEPATITIS!

Publish By Irma Dian Permata, S.K.M.,M.Kes
Posted On 28 JULY 2021

Penyakit hepatitis merupakan masalah kesehatan masyarakat di dunia, termasuk Indonesia. virus hepatitis B telah menginfeksi sejumlah 2 miliar orang di dunia dan sekitar 240 juta merupakan pengidap virus hepatitis B kronis, penderita hepatitis C di dunia diperkirakan 170 juta orang dan sekitar 1,5 juta penduduk dunia meninggal setiap tahunnya disebabkan oleh infeksi virus hepatitis B dan virus hepatitis C. Indonesia merupakan Negara dengan pengidap hepatitis B nomor 2 terbesar di antara negara-negara anggota WHO SEAR (South East Asian Region). Berdasarkan Data Riset Kesehatan Dasar yang dilakukan oleh Balitbangkes tahun 2013, penderita hepatitis B dan C di Indonesia diperkirakan 20 juta orang (Prevalensi hepatitis B sebesar 7,1% dan hepatitis C 1%). Indonesia digolongkan ke dalam daerah dengan Prevalensi hepatitis B dengan tingkat endemisitas menengah sampai tinggi.



Sebagai respon, pemerintah telah melakukan serangkaian upaya- upaya yang telah dimulai sejak 1997 berupa imunisasi hepatitis B, deteksi dini hepatitis B ibu hamil dan pemberian immunoglobulin pada bayi baru lahir dari ibu hepatitis B. Sedangkan upaya deteksi dini hepatitis C dan pengobatan dengan Direct Acting Antiviral (DAA) telah dilakukan sejak tahun 2017 dan diperluas ke seluruh wilayah-wilayah di Indonesia. Namun upaya tersebut masih terus ditingkatkan mengingat tahun 2030 Indonesia menyepakati komitmen global yaitu tercapainya target eliminasi hepatitis B dan C pada tahun 2030, yang didahului dengan tercapainya eliminasi hepatitis B pada bayi dari ibu hamil yang reaktif hepatitis B tahun 2022. Untuk meningkatkan perhatian, kepedulian dan pengetahuan berbagai pihak terhadap masalah hepatitis virus di Indonesia, pada setiap tanggal 28 Juli diperingati sebagai Hari Hepatitis Sedunia. Hal ini sejalan dengan resolusi Wold Health Assembly (WHA) ke 63 tanggal 21 Mei 2010 yang salah satu rekomendasinya adalah agar setiap Negara memperingati Hari Hepatitis Sedunia yang jatuh pada tanggal 28. Adapun tema global tahun 2021 adalah “HepatitisCan’tWait” dan untuk Indonesia adalah “Segera Tangani Hepatitis”.



Penyebaran informasi, edukasi dan promosi kesehatan pencegahan dan pengendalian hepatitis tetap dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat serta mencegah morbiditas dan mortalitas hepatitis selama masa pandemi COVID-19, dengan mempertimbangkan jaga jarak aman, hindari pengumpulan banyak orang pada satu waktu, serta memanfaatkan media yang potensial seperti jejaring sosial, misal : pesan SMS, radio, televisi, media sosial, poster, baliho, dan lain-lain. Saat ini pandemi COVID-19 masih berlangsung, walau berbagai upaya sudah dilakukan untuk pengendaliannya termasuk melaksanakan vaksinasi massal bagi seluruh lapisan masyarakat, dan hingga saat ini cakupan vaksinasi COVID-19 belum mencapai 100% dari target yang ditetapkan sehingga dikhawatirkan akan terjadi penularan bila ada kerumunan dan dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan maka puncak peringatan Hari Hepatitis Sedunia (HHS) tahun 2021 kali ini, dilakukan secara kombinasi antara tatap muka (luring) dan virtual (daring).



Sejalan dengan tema hari hepatitis di Global, Indonesia mengusung tema HHS tahun 2021 yaitu “Segera Tangani Hepatitis” yang akan diselenggarakan dengan serangkaian kegiatan dan diikuti dengan acara puncak berupa “Seminar Hepatitis” secara virtual dalam rangka mensosialisasikan gerakan hidup sehat untuk peduli hepatitis serta dalam rangka mengingatkan kembali akan komitmen global dan nasional terhadap eliminasi hepatitis B pada bayi dari ibu hamil reaktif hepatitis B di Tahun 2022 serta eliminasi hepatitis B dan C pada semua kelompok pada tahun 2030 ditengah pandemi COVID-19 yang tengah kita hadapi bersama.


  ARTIKEL TERBARU

ASI (Air Susu Ibu) adalah s ... Selengkapnya
Hari Hipertensi Sedunia diperingati setiap tanggal 17 Mei setiap tahunnya. Peringatan ini bertuju ... Selengkapnya
Stroke didefinisikan sebagai defisit (gangguan) fungsi sistem saraf yang terjadi mendadak dan dis ... Selengkapnya
Eco-enzyme adalah produk yang sangat fungsional, mudah dibuat dan digunakan. Eco-enz ... Selengkapnya