ARTIKEL

PERSIAPAN AKTIVITAS MAKAN PADA KONDISI STROKE

Publish By Fajar Suryani, STr.Kes
Posted On 07 MARCH 2022

Stroke didefinisikan sebagai defisit (gangguan) fungsi sistem saraf yang terjadi mendadak dan disebabkan oleh gangguan peredaran darah di otak. Stroke terjadi akibat gangguan pembuluh darah di otak. Gangguan peredaran darah di otak dapat berupa tersumbatnya pembuluh darah otak atau pecahnya pembuluh darah di otak. Otak yang seharusnya mendapat pasokan oksigen dan zat makanan menjadi terganggu. Kekurangan pasokan oksigen ke otak akan memunculkan gejala stroke (Pizon dan Asanti, 2010). Stroke merupakan penyebab kecacatan berjangka waktu panjang. Rehabilitasi yang memadai untuk ekstremitas atas pada pasien stroke dapat meningkatkan kinerja dalam kehidupan sehari-hari (AOTA, 2014).



Prevalensi stroke menurut Navarro (2017) di antara negara-negara Asia, Indonesia memiliki tingkat mortalitas stroke tertinggi dengan mortalitas standar jenis kelamin pada tahun 2010 (Setyopranoto et al., 2019). The Heart Disease and Stroke Statistic-2019 diperbarui dari American Heart Association mengindikasi bahwa berdasarkan data tahun 2016 rata-rata seseorang meninggal karena stroke setiap 3,70 menit. Sekitar 389,4 kematian akibat stroke setiap hari (AHA, 2019).



Gejala umum stroke di hemisphere kiri termasuk aphasia, hemiparesis kanan, hemianopia kanan. Sedangkan pada hemisphere kanan termasuk hemispatial neglect kiri, hemiparesis kiri dan hemianopia kiri. Mayoritas (90%) dari stroke adalah supratentorial. Pada stroke infratentorial memiliki gejala tambahan seperti displopia, kelumpuhan bulbar, disfagia, unilateral dysmetria dan penurunan tingkat kesadaran (Musuka et al., 2015).



Kunjungan rehab dengan kondisi stroke dari tahun ke tahun juga mengalami peningkatan. Penulis mengamati, mencatat keluhan dan keingian pasien stroke tersebut, istilahnya “client center”.  Keluhan yang sering disampaikan pasien post stroke kesulitan memegang benda misal makan, menulis selai itu nyeri bahu. Tujuan program bisa makan sendiri dengan menggunakan tangan kanan jika memungkinkan. Salah satu program pelayanan unggulan Rehab Medik RS Haji pelayanan aktivitas sehari-hari bagi pasien stroke salah satunya makan. Nah disini penulis berikan teknik sebelum melakukan aktivitas makan melalui gambar dibawah ini.


  ARTIKEL TERBARU

         Konservasi gigi merupakan kasus dengan angkakunjungan tertinggi ... Selengkapnya
Rumah Sakit Haji berada dekat dengan daerah industri, jadi tidak heran jika banyak karyawan pabri ... Selengkapnya
         Peregangan adalah kegiatan melakukan gerakan-gerakan yang bertu ... Selengkapnya
                        & ... Selengkapnya