BERITA

HUMAS JATIM TINGKATKAN KUALITAS KOMUNIKASI PUBLIK

17 May 2024



Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Biro Administrasi Pimpinan, Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur menggelar Forum Humas Perangkat Daerah di Ruang Rapat Gedung Wisanggeni, Unit 8 Kompleks Kepatihan Pemprov D.I.Yogyakarta, Jumat (17/5/2024).

Forum tersebut dikemas dalam Studi Lapangan Peningkatan Kapasitas dan Sinergitas Pengelolaan Materi dan Komunikasi Pimpinan bagi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Adapun tema yang diangkat "Kolaborasi Pentahelix dalam Pengelolaan Materi dan Komunikasi Pimpinan". 

Kegiatan dihadiri sebanyak 107 peserta yang merupakan Pejabat Fungsional Pranata Humas dan Pejabat Pelaksana yang membidangi kehumasan dari seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Kepala Biro Adpim Setda Prov. Jatim, Pulung Chausar memimpin kegiatan yang dibuka oleh Kepala Biro Umum, Humas dan Protokol Setda Prov. DIY, Teguh Suhada.

Kepala Biro Adpim Setda Prov. Jatim, Pulung Chausar mengatakan, Forum Humas Perangkat Daerah merupakan langkah strategis untuk peningkatan kualitas komunikasi publik dan efektivitas pengelolaan pemerintah daerah.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan kehumasan bagi pejabat fungsional Pranata Humas dan/atau pejabat pelaksana yang membidangi kehumasan/komunikasi publik dalam dalam menyediakan materi serta mengelola komunikasi secara efektif dan efisien,” jelasnya.

Menurutnya, kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan kapasitas, sinergisitas, kolaborasi, partisipasi antar humas Perangkat Daerah guna menciptakan iklim komunikasi publik yang positif dan massif.

“Sinergi dan kolaborasi yang kuat dari seluruh perangkat daerah nantinya diharapkan akan memberikan dampak bagi kemajuan ranah publikasi utamanya setiap program dan kebijakan yang dihasilkan setiap instansi,” kata Pulung.

Ia pun menekankan rangkaian kegiatan ini adalah skema pengembangan klasikal berbasis best practice dengan pendalaman materi yang disampaikan oleh narasumber dan kompetensi praktisi yang sangat kompeten. 

Sementara itu, Kepala Biro UHP Setda Provinsi DIY, Teguh Suhada menyampaikan, kerja sama antara Pemprov DIY dan Pemprov Jatim perlu diapresiasi, karena akan menumbuhkan hubungan yang baik di segala bidang. 

Terkait dengan tema studi pelatihan, Teguh menegaskan kehumasan menjadi tolok ukur kesuksesan penyebaran informasi yang dihasilkan suatu instansi. "Outputnya adalah informasi tersebar ke seluruh lapisan masyarakat, sehingga tujuan komunikasi publik bisa tercapai secara efisien.," katanya. 

Untuk diketahui, Forum ini diisi oleh tiga narasumber, yaitu Ditya Nanaryo Aji selaku Koordinator Bagian Humas, Biro UHP Setda Prov. DIY. Sesi kedua disampaikan Pimpinan Redaksi Surat Kabar Kedaulatan Rakyat, Otto Lampito. Selanjutnya, disampaikan oleh Co-Founder Think Public Relations Yogyakarta, Ayu Kusumaningtyas. (nnd/jatim)


  POJOK BERITA

Rumah Sakit Umum Haji Surabaya ikut berpartisipasi dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Cov ... Selengkapnya
Rumah Sakit Umum Haji Surabaya ikut berpartisipasi dalam upaya memutus mata rantai penyebaran&nbs ... Selengkapnya
Rumah Sakit Umum Haji Surabaya ikut berpartisipasi dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Cov ... Selengkapnya
Rumah Sakit Umum Haji Surabaya ikut berpartisipasi dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Cov ... Selengkapnya


‹ First3738394041Last ›